S1 Pendidikan Agama Islam (Tarbiyah)

Nama Program Studi : Tarbiyah (Pendidikan Agama Islam) (S-1)
Rumpun Ilmu : Ilmu Agama
Konsentrasi/Kekhususan/Peminatan : ¤ Pendidikan Agama Islam (Tarbiyah)
Gelar/Sebutan Lulusan : Sarjana Pendidikan Agama Islam atau Sarjana Agama
Singkatan Gelar sesuai EYD : S.Pd.I. atau S.Ag.
Singkatan Gelar yang populer (digunakan masyarakat/umum) : S.PdI. atau SAg.



Beban Studi dan Masa Studi :  
Lulusan SMA/SMU, SMK, sederajat melanjutkan ke
S1 Tarbiyah / Pendidikan Agama Islam
Beban Studi = 144 - 152 sks Masa Studi =
8 semester
Lulusan D3, Politeknik, sederajat melanjutkan ke
S1 Tarbiyah / Pendidikan Agama Islam
Beban Studi = 40 - 46 sks
(bila tidak sebidang ilmu ditambah 2 - 21 sks, tergantung program studinya)
Masa Studi =
3 semester
Lulusan D2, S1, D1, pindahan melanjutkan ke
S1 Tarbiyah / Pendidikan Agama Islam
Beban Studi = dihitung dari sisa sks Masa Studi =
Dihitung sisa sks

Kurikulum/Mata Kuliah : Lihat di bawah ini
Prospektus (Tujuan, Kompetensi, Prospek Kerja/Karir Lulusan) : Lihat di bawah ini

Gelar/sebutan tersebut di atas adalah gelar yang sering digunakan (belum tentu digunakan PTS terkait).

Mengenai gelar (untuk S1, S2, S3) atau sebutan (untuk diploma) yang digunakan oleh perguruan tinggi di Indonesia saat ini sudah tidak baku (tidak standard) lagi, walaupun pemerintah telah membuat peraturannya, namun sebagian besar perguruan tinggi hanya mematuhi sebagian dari peraturan tersebut. Hal ini tidak dapat disalahkan, karena perkembangan rumpun ilmu yang sangat pesat dan memunculkan cabang-cabang ilmu baru yang merupakan integrasi dari beberapa rumpun ilmu, sehingga menyulitkan perguruan tinggi untuk mengelompokkan cabang tersebut terhadap rumpun ilmu yang dibuat pemerintah.

Demikian pula dengan cara membuat singkatan gelar/sebutan tersebut, masyarakat cenderung membuat singkatan sendiri yang justru lebih populer dibandingkan aturan EYD Bahasa Indonesia.

Di bawah ini diberikan kurikulum/mata kuliah dan prospektus (kompetensi alumnus, prospek kerja/karir lulusan, dsb). Untuk mata kuliah program studi Tarbiyah (Pendidikan Agama Islam) (S-1) yang disampaikan disini adalah irisan (dan sebagian gabungan) dari kurikulum beberapa perguruan tinggi, sehingga dimungkinkan beberapa mata kuliah pilihan tidak ada di perguruan terkait, atau nama mata kuliahnya sedikit berbeda.


Prospektus S1 Pendidikan Agama Islam (Tarbiyah)
Tujuan Pendidikan Program Studi S1 Pendidikan Agama Islam (Tarbiyah)
Program Studi Pendidikan Agama Islam (Tarbiyah) bertujuan menghasilkan tenaga kependidikan yang :
  • Memiliki wawasan, ketrampilan dan tradisi akademis.
  • Menguasai bidang ilmu sumber bahan ajar Pendidikan Agama Islam yang menjadi keharusan sebagai seorang guru agama.
  • Memahami secara mendalam tentang masalah-masalah peserta didik dan prinsip-prinsip dasar kependidikan.
  • Menguasai teori dan ketrampilan dalam bidang keguruan serta mampu mendemontrasikan kerjanya.
Kompetensi Lulusan S1 Pendidikan Agama Islam (Tarbiyah)

A. KOMPETENSI KHUSUS

Lulusan Program Studi Pendidikan Agama Islam (Tarbiyah) dibekali dengan ahlak dan nilai-nilai mulia, pengetahuan, etika profesi, kepekaan, ketrampilan dan kemampuan sebagai :

1. Pendidik Profesional di bidang Pendidikan Agama Islam (Tarbiyah)
  • Menguasai dasar-dasar ilmiah dan disiplin ilmu dalam bidang Pendidikan Agama Islam sehingga mampu mengidentifikasi, memahami, menjelaskan, mengevaluasi/menganalisis secara kritis dan merumuskan cara penyelesaian masalah yang ada dalam bidang Pendidikan Agama Islam
  • Memiliki kemampuan mengembangkan teori teori belajar mengajar, mengevaluasi hasil belajar, dan merencanakan pembelajaran Agama Islam dengan penguasaan yang tinggi.
  • Memiliki kemampuan mengenali, mengamati, dan melakukan pendekatan dan penalaran permasalahan berdasarkan kajian Islam yang benar, untuk keperluan akademis dan profesi Guru Agama Islam.
  • Memiliki kemampuan membedakan dengan jelas, mana yang ajaran Islam dan mana yang budaya Arab, sehingga dapat memberikan Pendidikan Agama Islam dengan tepat dan benar.
  • Memiliki kemampuan berbahasa Indonesia yang baik, benar, dan santun dalam ragam lisan dan tulisan sebagai Pendidik Profesional, serta kehidupan sehari-hari.
  • Memiliki kemampuan meningkatkan pemahaman teks berbahasa asing, terutama Bahasa Inggris dan Bahasa Arab, untuk keperluan akademis dan profesi Guru Agama Islam.
  • Memiliki kemampuan mengelola dan mengembangkan kehidupan masyarakat profesi.
  • Memiliki kemampuan memanfaatkan teknologi informasi untuk mengelola dan mengembangkan kemampuan peserta didiknya.

2. Peneliti di bidang Pendidikan Agama Islam (Tarbiyah)
  • Memiliki kemampuan mengembangkan perilaku kependidikan berkenaan dengan kehidupan dan kegiatan kependidikan berlandaskan dasar keilmuan kependidikan, terutama etika profesional, riset bidang kependidikan, dan organisasi kependidikan.
  • Memiliki kemampuan mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi, budaya, dan seni di bidang Pendidikan Agama Islam.
  • Memiliki kemampuan meningkatkan pemahaman teks berbahasa asing, terutama Bahasa Inggris dan Bahasa Arab, untuk keperluan akademis dan Peneliti Pendidikan Agama Islam.
  • Memiliki kemampuan mengenali, mengamati, dan melakukan pendekatan dan penalaran permasalahan berdasarkan kajian Islam yang benar, untuk keperluan akademis dan Peneliti Pendidikan Agama Islam.
  • Memiliki kemampuan berkomunikasi secara lisan dan tertulis dalam Bahasa Inggris dan Bahasa Arab khususnya pada bidang Pendidikan Agama Islam
  • Memiliki kemampuan memanfaatkan teknologi informasi untuk penelitian di bidang Pendidikan Agama Islam.

3. Enterpreneur dan Penyelenggara pada Lembaga Pendidikan, Bimbingan Belajar dan Biro Les Privat.
  • Memiliki kemampuan mendirikan, mengelola, dan mengembangkan usaha positif di bidang Pendidikan Agama Islam secara kreatif dan sesuai perkembangan dunia pendidikan.
  • Memiliki kemampuan memanfaatkan teknologi informasi untuk mengelola dan mengembangkan usaha jasanya.

4. Konsultan dalam Pengelolaan Data Penelitian
  • Memiliki kemampuan berpikir kritis dan logis, serta memahami metode kualitatif dan kuantitatif yang dibutuhkan untuk mengelola data penelitian.
  • Memiliki kemampuan mengaplikasikan Agama Islam dalam berbagai bidang ilmu lain serta dalam bidang ilmu terapan.
  • Memiliki kemampuan memanfaatkan teknologi informasi untuk mengelola data penelitian.


B. KOMPETENSI UMUM

Kompetensi umum Sarjana Pendidikan Agama Islam adalah memiliki kualitas dan integritas intelektual; berdaya saing tinggi baik secara akademis maupun moral; mampu menyesuaikan diri dengan perubahan-perubahan; menyadari bahwa ilmu pengetahuan selalu maju dan berkembang; mampu menelusuri dan mendapatkan informasi ilmiah/keteknikan; mengetahui cara dan dapat terus-menerus belajar; dalam menangani tiap masalah, mampu mengungkap struktur dan inti persoalan serta menetapkan prioritas tahapan-tahapan penyelesaiannya; mengetahui dan dapat memanfaatkan kegunaan matematika dan teknologi informasi; dapat menerapkan ilmu dan pengetahuan; cakap dan terampil dalam bidang Pendidikan Agama Islam; dapat menyelesaikan masalah secara logika, memanfaatkan data/informasi yang tersedia; dapat menggunakan konsep-konsep untuk menerangkan hal-hal yang tidak/kurang jelas; mampu mandiri dalam kerja dan upaya; mampu aktif berperan-serta dalam kelompok kerja; mampu berkomunikasi dengan para pakar dalam bidang keahlian lain dan memanfaatkan bantuan mereka; mampu memanfaatkan secara efektif sumber-sumber daya yang ada; mampu memulai rintisan pembentukan unit wirausaha di bidang Pendidikan Agama Islam, mampu mengikuti perkembangan baru di bidang Pendidikan Agama Islam, melaksanakan penelitian, atau mengikuti program studi di tingkat lebih lanjut.
Profesi dan Karir Lulusan S1 Pendidikan Agama Islam (Tarbiyah)
Sarjana Pendidikan Agama Islam (Tarbiyah) dapat bekerja dan berkarir di lembaga penelitian, lembaga pendidikan (sekolah, perguruan tinggi (PTN dan PTS)), serta di berbagai instansi pemerintah ataupun swasta (nasional ataupun multinasional) sebagai Pendidik Profesional di bidang Pendidikan Agama Islam, Peneliti Pendidikan Agama Islam, Pemimpin/Manajer Pendidikan Agama Islam, Konsultan Pendidikan Agama Islam, dsb.

Menjadi Entreprenuer (wirausahawan) yang berwawasan teknologi informasi dan komunikasi, dengan mendirikan usaha jasa di bidang pendidikan seperti Lembaga Pendidikan (SD, SLTP, SLTA, Perguruan Tinggi), Bimbingan Belajar, Biro Les Privat; atau mendirikan usaha jasa konsultan di bidang Pendidikan Agama Islam.

Mata Kuliah S1 Pendidikan Agama Islam (Tarbiyah)
* = Mata Kuliah Pilihan Khusus / Pilihan Umum

Mata KuliahSKS
Administrasi Pendidikan2
Akhlaq2
Analisis dan Desain Pelatihan *2
Analisis Materi Pendidikan Agama Islam I2
Analisis Materi Pendidikan Agama Islam II2
Analisis Materi Pendidikan Agama Islam III2
Analisis Materi Pendidikan Agama Islam IV2
Aplikasi Komputer *2
Aqidah2
Bahasa Arab I (+ Prakt)2
Bahasa Arab II (+ Prakt)2
Bahasa Arab III (+ Prakt)2
Bahasa Arab IV (+ Prakt) *2
Bahasa Indonesia2
Bahasa Inggris I2
Bahasa Inggris II2
Bahasa Inggris III2
Bahasa Inggris IV *2
Bimbingan dan Konseling2
Dasar-dasar Kependidikan2
Desain Grafis *2
Desain Web *2
Etika Bisnis Islam *2
Etika Profesi2
Filsafat Ilmu *2
Filsafat Pendidikan Islam2
Filsafat Umum *2
Fiqh I2
Fiqh II2
Fiqh Kontemporer *2
Fiqh Sosial *3
Hadis I (+ Prakt)2
Hadits II (+ Prakt)2
Hadits Tarbawi *4
Ilmu Alamiah dasar2
Ilmu Belajar Jiwa *2
Ilmu Dakwah *2
Ilmu Kalam *2
Ilmu Kalam Lanjut *2
Ilmu Pendidikan Islam2
Ilmu Sosial dan Budaya Dasar2
Ilmu Tasawuf I *2
Ilmu Tasawuf II *2
Islam di Indonesia *2
Kapita Selekta Pendidikan Agama Islam2
Keterampilan Dasar Mengajar (+ Prakt)3
Komputer Dasar2
Komputer untuk Studi Islam2
Kuliah Kerja Nyata (+ Prakt)3
Leadership *2
Manajemen Pendidikan Islam2
Masail Fiqhiyah *2
Materi Pendidikan Agama Islam *3
Media Pembelajaran (+ Prakt) *3
Media Pembelajaran Lanjut (+ Prakt) *3
Metode dan Evaluasi Pelatihan *2
Metodologi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam I (+ Prakt)2
Metodologi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam II (+ Prakt)2
Metodologi Penelitian2
Metodologi Studi Islam2

Mata KuliahSKS
Micro Teaching2
Pemikiran Islam4
Pendidikan Akhlaq4
Pendidikan Al-Hadits4
Pendidikan Al-Quran4
Pendidikan Aqidah4
Pendidikan Fiqh4
Pendidikan Islam Luar Sekolah *2
Pendidikan Jurnalistik *2
Pendidikan Kewarganegaraan2
Pendidikan Sejarah Peradaban Islam *4
Penelitian Kependidikan2
Penelitian Sosial Budaya Agama *2
Pengantar Ilmu Agama *2
Pengantar Ilmu Tafsir *3
Pengantar Studi Agama *3
Pengembangan Evaluasi Pendidikan *2
Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam *3
Pengembangan Media dan Sumber Belajar2
Pengembangan Sistem Evaluasi Pendidikan Agama Islam (+ Prakt) *3
Penyiaran Agama *2
Penyusunan Buku Ajar2
Perbandingan Pendidikan *2
Perencanaan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (+ Prakt)3
Perkembangan Pemikiran Pendidikan Islam2
Praktik Pengalaman Lapangan / Praktek Mengajar (+ Prakt)4
Psikologi Agama Islam *2
Psikologi Belajar *2
Psikologi Pendidikan2
Psikologi Perkembangan *2
Psikologi Umum2
Qawaid Fiqhiyah *2
Qiraatul Kutub *2
Retorika Dakwah *2
Sejarah Pendidikan Islam2
Sejarah Peradaban Islam2
Seminar Pendidikan Agama Islam2
Sirah Nabawiyah *2
Skripsi6
Sosiologi Agama2
Sosiologi Masyarakat Islam *2
Sosiologi Pendidikan Islam *2
Spritual Conseling *2
Statistika Pendidikan (+ Prakt)2
Strategi Belajar Mengajar *2
Studi Agama-agama *2
Studi Islam *2
Studi Islam Lanjut *2
Studi Kemuhammadiyahan2
Supervisi Pendidikan *2
Tafsir I *2
Tafsir II (+ Prakt) *3
Tafsir Tarbawi4
Tauhid *2
Teknologi Informasi *2
Teori-teori Pendidikan *2
Ulumul Hadits2
Ulumul Quran2
Ushul Fiqh2
Varian Islam di Indonesia *2
Diberdayakan oleh Blogger.